Rabu, 19 Juni 2013

Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar

Bila kita bicara tentang perpustakaan, maka yang ada dibenak kita adalah sebuah bangunan atau gedung yang didalamnya terdapat berbagai kumpulan buku, majalah, serta koleksi yang berupa rekaman atau yang lebih dikenal dengan sebutan koleksi audio visual, data base computer, serta beberapa jenis media  informasi dan komunikasi yang tersedia.  Perpustakaan  yang bekualitas tentunya menyediakan informasi dan fasilitas  seperti yang tersebut diatas, karena perpustakaan merupakan unsure penting dalam dunia pendidikan.
 Perpustakaan adalah salah satu pusat informasi yang sangat dekat dan akrab dengan masyarakat. Selain pusat informasi, perpustakaan juga merupakan sumber ilmu pengetahuan, penelitian, serta berbagai layanan jasa lainnya. Produk utama perpustakaan adalah informasi. Perpustakaan mengumpulkan semua informasi yang sesuai dengan bidang kegiatan dan misi lembaga. Kemudian mengolah, melestarikan, memelihara dan merawat seluruh koleksi perpustakaan agar tetap dalam keadaan baik, utuh, layak pakai dan tidak lekas rusak dan menyajikan informasi tersebut kepada pengguna untuk di pergunakan dan diberdayakan. Secara umum tujuan perpustakaan adalah :
1.      Memenuhi keperluan informasi masyarakat (pemustaka)
2.      Menyediakan bahan pustaka rujukan
3.      Menyediakan ruangan belajar untuk pemakai perpustakaan
4.      Membantu pemustaka memenuhi kebutuhan informasi
 Pada masa sekarang ini setiap orang dituntut untuk selalu memiliki informasi terbaru untuk dapat tetap bertahan dan eksis dalam setiap pekerjaan dan profesi masing-masing. Perpustakaan sebagai salah satu pusat informasi dituntut untuk dapat memberikan layanan informasi yang cepat dan tepat. System manual dirasakan tidak memadai lagi seiring dengan perkembangan dunia teknologi informasi. Oleh karena itu perpustakaan membutuhkan penerapan layanan komputerisasi. Penerapan sistem terkomputerisasi ini sering di kenal dengan sebutan automasi perpustakaan. Penerapan automasi perpustakaan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja perpustakaan sehingga semakin efektif dan efisien.
Dalam abad ini, informasi yang dihasilkan jumlahnya sangat banyak. Setiap hari banyak buku, artikel jurnal, laporan dan dokumen lainnya yang dihasilkan di seluruh dunia. Kecenderungan ini sudah lama kita rasakan, namun jumlahnya semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini.



Bila diperhatikan, maka perpustakaan sesungguhnya memberikan peranan terhadap pelaksanaan modul pendidikan di sekolah. Peranan perpustakaan antara lain:
1.      Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
2.      Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
3.      Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4.      Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan memberikan kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
5.      Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif.
6.      Perpustakaan akan membantu para siswa dalam meningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa.
7.      Perpustakaan dapat menimbulkan cinta membaca, sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
8.      Perpustakaan memberikan kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.
9.      Perpustakaan merupakan pusat rekreasi yang dapat memberikan hiburan yang sehat.
10.  Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11.  Perpustakaan merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12.  Kegairahan/minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat berpengaruh positif terhadap prestasi belajarnya.
13.  Bila minat membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan juga dapat mengurangi jajan anak, yang ini biasanya dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan anak.
14.  Bahkan perpustakaan juga bagi anak-anak dapat menjauhkan diri dari tindakan kenakalan, yang bisa menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman diantara mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar